Keseimbangan Asam Basa

Berapa pH (konsentrasi ion hidrogen) cairan tubuh?

Semua cairan tubuh seperti darah dan getah bening disimpan pada tingkat yang sedikit basa (pH = 7,40 ± 0,05). Ini dia alasan mengapa pH dijaga dalam kisaran yang sangat sempit yaitu antara 7,40 ± 0,05 adalah karena sel-sel di seluruh tubuh hanya dapat berfungsi dalam kisaran ini.

PH di bawah 7,35 disebut asidosis, dan pH di atas 7,45 disebut alkalosis (Tabel 1). 

Asidosis dan alkalosis dapat berupa Respiratorik, kondisi yang disebabkan oleh kegagalan pernapasan, atau metabolik yang masing-masing disebabkan oleh gangguan ginjal atau pencernaan.

Mari pelajari leih mudah melalui table 1 ganguan keseimangan asama basa di bawah ini.

tabel analisa gas darah

Gejala asidosis meliputi pernapasan dangkal dan tidak teratur, tekanan darah rendah, syok, detak jantung tidak teratur, sakit kepala, dan koma. Gejala alkalosis meliputi kejang otot, aritmia, hiperrefleksia, mati rasa, berkeringat, gangguan kesadaran, dan koma.

Respirasi dan metabolisme mengontrol pH. Ketika pH cairan tubuh menyimpang dari kisaran normal, pertukaran gas di paru-paru akan berusaha melakukan penyesuaian, dan reabsorpsi di ginjal, penyerapan di lambung dan usus untuk menjaga konsentrasi pH tetap konstan.

Penjelasan Masing masing Kondisi Keseimbangan Asam Basa

Memehami keseimbangan asam basa mari perdalam dengan penjelasan diawah ini. Apa itu Asidosis Respiratorik, Asidosis Metaolok, Alkalosis Respiratorik dan Alkalosis Metaolik. 

Asidosis Respiratorik

Suatu kondisi di mana karbon dioksida (CO2) menumpuk di dalam tubuh karena ventilasi yang buruk. Ini terjadi pada gagal napas akut, penyakit pernapasan kronis, dll. Keringat, kemerahan pada kulit, peningkatan denyut jantung, kecemasan, disorientasi, dan kebingungan terjadi karena vasodilatasi perifer dan stimulasi simpatis.

Asidosis metabolik 

Suatu keadaan dimana ion bikarbonat (HCO3-) mengalami penurunan akibat insufisiensi ginjal seperti diabetes. Kekurangan insulin dapat menyebabkan pembakaran gula yang tidak sempurna dan akumulasi badan keton.

Alkalosis Respiratorik

Suatu kondisi di mana karbon dioksida dikeluarkan secara berlebihan dari tubuh karena hiperventilasi, menghasilkan tekanan parsial karbon dioksida yang sangat rendah di dalam darah. Hal ini disebabkan oleh sindrom hiperventilasi yang disebabkan oleh demam atau histeria.

Alkalosis metabolik

Itu terjadi ketika muntah jus lambung mengurangi asam lambung.


Demikian bahan baca perawat picu kali ini semoga memberi dan menambah tabungan pengetahuan serta bermanfaat sampai jumpa di materi berikutnya.


baca juga tentang : intubasi pemasangan endotraceal tube

baca juga tentang : ventilator mekanik

baca juga tentang : CPAP


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url