Komponen Darah dan Fungsi bagi Tubuh

 Apa saja komponen darah?

Tahukah kamu darah juga dikenal sebagai jaringan ikat yang mengalir. Pada jaringan normal, terdapat ruang antarsel antar sel, dan terdapat komponen cairan yang disebut cairan interstitial (cairan interstitial). Faktanya, darah juga terdiri dari sel-sel seperti sel darah merah dan sel darah putih (komponen sel darah) dan cairan antar sel (komponen plasma) 

Komponen darah

Gambar 1 Komponen darah

komponen darah

Ketika darah dalam tabung reaksi disentrifugasi, sel-sel darah yang merupakan komponen padat tenggelam ke dasar dan plasma dipisahkan sebagai supernatan. Rasionya adalah 45% padatan dan 55% cairan. Lebih dari 99% komponen padatnya adalah sel darah merah, dan kurang dari 1% komponen padatnya adalah sel darah putih dan trombosit. Rasio sel darah merah dengan darah disebut nilai hematokrit, yang biasanya 40-45%.

Plasma dibagi menjadi serum dan fibrinogen. Serum mengandung protein seperti albumin (Catatan 2) dan globulin (Catatan 3), berbagai elektrolit, nutrisi seperti asam amino dan glukosa, dan produk limbah seperti urea dan kreatinin. Fibrinogen, juga dikenal sebagai fibrinogen, berubah menjadi fibrin, yang menyebabkan darah menggumpal.

Penjelasan 1: protein serum

Protein serum meliputi albumin, globulin (α, β, dan γ), makroglobulin, dan sekitar 80 protein lainnya.

Penjelasan 2: albumin

Ini adalah protein serum dengan berat molekul terkecil dan memainkan peran penting dalam menjaga tekanan osmotik darah.

Penjelasan 3: globulin

α-globulin dan β-globulin terlibat dalam pengangkutan lipid, besi, dan hormon dalam darah. Gamma globulin, yang diproduksi oleh limfosit, adalah antibodi dan terlibat dalam kekebalan.


Fungsi darah bagi tubuh manusia:

Darah memiliki fungsi yang sangat penting agi tubuh yaitu mentransport sari makanan, oksigen,karbon dioksida, hormon. Membawa sisa oksidasi sel tubuh. Melindungi tubuh kuman ataau bakteri yang masuk. Darah juga memiliki kemampuan menyembuhkan luka. Membuang zat-zat sisa ke ginjal dan juga kulit.


Gambar 2 Komponen darah

Fungsi darah


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url