Penilaian Skala Nyeri dengan Color Analog Scale

Color Analog Scale (CAS)

Penilaian intensitas nyeri pada anak di atas usia 3 atau 4 tahun. Sebagian besar anak dapat memberikan laporan yang bermakna tentang seberapa banyak rasa sakit yang mereka alami.

Ketika menggunakan alat ukur nyeri yang sesuai dengan perkembangannya. Skala Nyeri Wajah – Revisi (FPS-R) dan Skala Analog Warna (CAS) contohnya adalah dua pengukuran nyeri mandiri yang sering digunakan dan telah dipelajari baik dalam pengaturan klinis maupun penelitian, termasuk departemen gawat darurat pediatrik

 

Color Analog Scale (CAS) ataupun skala analog warna adalah perlengkapan evaluasi nyeri yang dirancang dalam pola Skala Analog Visual. CAS merupakan instrumen plastik dua sisi yang terdiri dari gambar gradasi warna berbentuk baji (ujung bawah putih hingga ujung atas merah tua) di satu sisi, skala numerik dandi sisi lain terdapat penggeser yang dapat dipindahkan

Color Analog Scale 3

Kiri: Skala Nyeri Wajah - Revisi (FPS-R). Hak Cipta © 2001, Asosiasi Internasional untuk Studi Nyeri. dari Hicks CL et al., Pain 2001;93:176. Lihat www.iasp-pain.org/FPSR . Kanan: Color Analog Scale (CAS). dari McGrath PA et al., Pain 1996;64(3): 439.

Color Analog Scale panjangnya 10 centimeter. Lebar bagian dasar 20 milimeter serta bercorak putih[lihat gambar].

 

Warna putih menunjukan parameter tidak terdapat rasa nyeri. berikutnya berbentuk melebar di bagian atas "jadi 75 milimeter" serta secara bertahap berganti warna jadi merah. Warna merah atas menampilkan rasa sakit yang sangat parah.

 

Sisi kebalikannya dari skala diberi no dari 0 hingga 10 dengan kenaikan 1 centimeter, membolehkan periset untuk menghitung reaksi pada anak-anak.

 

Selain digunakan pada anak- anak juga dipakai pada penderita dengan kognitif yang kurang baik. Semacam penyakit Alzheimer. Sehingga dapat memudahkan responden untuk menggamarkan skala nyeri.

 

Bagaimana Metode Memakai Skala Analog Warna?

Responden atau pasein yang di periksa diberi penjelasan tentang pengukuran skala nyeri dengan bahasa yang mudah ia pahami. Kemudian, amati skala ini, ini semacam termometer.

Bagian dasar, yang kecil serta putih berarti tidak terdapat rasa sakit serta bagian atas yang lebih lebar serta merah berarti rasa sakit yang sangat bisa kamu bayangkan. Penilai menunjuk ke tiap ujung dikala menarangkan.

 

Sehabis menarangkan tentang skala, responden diharapkan untuk memahami dan mampu menunjukan nyeri yang sesuai pada alat ukur dalam hal ini "Color Analog Scale".

 

Selanjutnya kita sebagai pemeriksa menggeser indikator ke titik di termometer yang menampilkan seberapa derajat rasa sakit atau nyeri saat ini.

 

Anak itu diperlihatkan sosok berbentuk baji dengan penggeser diposisikan di tengah, dan membaca skrip standar: “Pindahkan penggeser ke tempat yang menunjukkan seberapa banyak rasa sakit yang Anda rasakan. 


Ujung ini berarti Anda tidak merasakan sakit penggeser dipindahkan ke bawah, ujung ini berarti Anda mengalami rasa sakit yang paling parah penggeser dipindahkan ke atas. 


Penggeser dipindahkan kembali ke tengah skala sebelum anak menggunakan skala. Setelah anak selesai menggerakkan penggeser, kami mencatat skor numerik yang sesuai dari sisi lain instrumen (skor dari 0 hingga 10 dalam satuan 0,25).

 

Seluruh pengukuran didokumentasikan sampai 0, 25 centimeter terdekat.

 

Riset kesekian kalinya telah di lakukan dalam penerapan Color Analog Scale. Kesimpulan menujukan bahwa skala ini valid untuk digunakan dalam penilaian dan evaluasi intensitas nyeri pada anak-anak.

Perawat picu

Referensi :

 https://www.iasp-pain.org/resources/faces-pain-scale-revised/

Tsze DS, Hirschfeld G, Dayan PS, Bulloch B, von Baeyer CL. Defining No Pain, Mild, Moderate, and Severe Pain Based on the Faces Pain Scale-Revised and Color Analog Scale in Children With Acute Pain. Pediatr Emerg Care. 2018 Aug;34(8):537-544. doi: 10.1097/PEC.0000000000000791. PMID: 27228146; PMCID: PMC5123984.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url