Penilaian Nyeri dengan Numerical Rating Scale (NRS)

Penilaian Nyeri dengan Numerical Rating Scale (NRS) adalah alat pengukuran nyeri dengan nilai 0 sampai dengan 10 dimana nilai 0 yang berati tidak merasakan nyeri dan nilai 10 yang bearti nyeri yang dirasakan sangat ekstrim (Vitani, 2019)

Numerical Rating Scale
Numerical Rating Scale


Dalam Numerical Rating Scale (NRS) pasien diminta untuk memeri tanda pada angka antara 0 dan 10, yang mewakili intensitas nyeri mereka. Angka Nol biasanya mewakili 'tidak ada rasa sakit sama sekali' sedangkan batas atas mewakili 'rasa sakit terburuk yang pernah mungkin terjadi'. 


Berbeda dengan VAS/GRS, hanya angka itu sendiri yang merupakan jawaban berharga, artinya hanya ada 11 kemungkinan jawaban dalam 0–10, 21 dalam 0–20, dan 101 dalam NRS 0–100 poin. Dengan demikian hanya memungkinkan perbedaan tingkat nyeri yang kurang halus dibandingkan dengan VAS / GRS, di mana secara teoritis ada kemungkinan jawaban yang tidak terbatas.


Skala Peringkat Numerik telah menunjukkan korelasi tinggi dengan alat penilaian nyeri lainnya dalam beberapa penelitian. Kelayakan penggunaannya dan kepatuhan yang baik juga telah dibuktikan. Karena mudah untuk mengelola NRS secara verbal, ini dapat digunakan dalam wawancara telepon. 


Di sisi lain, hasil tidak dapat diperlakukan sebagai data rasio. Seperti pada VAS/GRS perubahan pada NRS sebesar 20% antara dua titik waktu penilaian dianggap signifikan secara klinis.


Nyeri biasanya merupakan keluhan utama pasien. Seperti masalah punggung, kepala, dan lain-lain. sehingga evaluasi nyeri menjadi syarat mendasar dalam penilaian. Intensitas nyeri, kecacatan terkait nyeri, durasi nyeri, dan pengaruh nyeri adalah aspek-aspek yang mendefinisikan nyeri dan efeknya. 


Untuk masing-masing aspek tersebut, terdapat instrumen penilaian yang berbeda dan dibahas dari segi kelebihan dan kekurangannya.

artikel lain : 7 skala nyeri dalam keperawatan 

Referensi :

Haefeli M, Elfering A. Pain assessment. Eur Spine J. 2006 Jan;15 Suppl 1(Suppl 1):S17-24. doi: 10.1007/s00586-005-1044-x. Epub 2005 Dec 1. PMID: 16320034; PMCID: PMC3454549.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url