Perawatan luka sederhana

Perawatan luka dirumah

luka

Apa itu perawatan luka?

Perawatan luka adalah serangkaian perawatan kulit dan tidak boleh diabaikan jika terjadi cidera atau kerusakan kulit. Sebagai bagian terbesar, paling terlihat dari tubuh manusia, kulit menyumbang kurang lebih 16 % daripada keseluruhan berat tubuh. Luka terbuka memerlukan perhatian, perawatan yang cermat untuk mencegah masuknya mikroorganisme berbahaya. Dimana itu dapat menyebabkan infeksi serta komplikasi kesehatan lainnya.


Oleh karena itu, penting memberikan perawatan luka intensif pada luka terbuka untuk memastikan pemulihan yang cepat dan menghindari komplikasi lebih lanjut. Perawatan yang mungkin terlihat sepele ternyata mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, Kulit termasuk organ vital. Ia menjalankan sejumlah fungsi seperti mengontrol suhu tubuh, merasakan sentuhan, sekaligus memproduksi vitamin.


Sebagai lapisan luar tubuh, membuat kulit rentan terhadap kerusakan. Sehingga penting merawat kulit dengan baik guna memastikan optimalnya status Kesehatan juga kenyamanan anda.


Mengapa perawatan luka diperlukan?

Tujuan perawatan luka adalah langkah pencegahan agar luka tidak bertambah parah, berkembang ke-arah luka kronis, terinfeksi, atau kondisi berbahaya lainnya. Ketepatan dalam Perawatan luka sangatlah diperlukan untuk melindunginya dari penyebab infeksi seperti kuman dan virus.
Cedera ringan umumnya mampu pulih dengan baik tanpa intervensi apa pun. Namun, jika lukanya parah menembus jauh ke dalam kulit, sebaiknya konsultasikan ke tim perawatan luka terdekat. Target asuhan perawatan luka secara umum bertujuan untuk mempercepat penyembuhan serta pencegahan kemungkinan infeksi.

Ada 2 metode perawatan luka, diklasifikasikan menurut kategori luka.

luka sobek

Perawatan Luka Ringan

Luka akut adalah jenis cedera ketika terdapat kerusakan jaringan disebabkan oleh trauma. Kondisi tersebut boleh jadi merupakan sebuah kesengajaan sebagai bagian dari asuhan perawatan. Misalnya, pada luka prosedur pembedahan, atau tidak disengaja seperti, luka karena terjatuh atau tergores
.
Tingkat keparahan luka akut dapat bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan jaringan. Namun biasanya luka sembuh dalam beberapa minggu dengan proses perawatan luka dan pengobatan. Tidak menutup kemungkinan orang akan mengalami Luka karena berbagai sebab, seperti pukulan benda tumpul, serpihan benda tajam, suhu panas, aliran listrik, cairan kimia, atau goresan.
Meskipun sebagian besar luka ini memiliki kemampuan sembuh dengan berjalannya waktu. Sebaiknya untuk memastikan pemulihan yang cepat, lakukan penanganan pertama seperti penggunaan antiseptik.
Mayoritas luka ringan, seperti luka dan goresan, dapat dengan mudah dilakukan perawatan di rumah. Namun, bila mengalami luka yang lebih serius atau infeksi, carilah bantuan medis untuk mengetahui apakah luka dapat pulih dengan sendirinya.

Perawatan Luka Kronis

Luka kronis mengacu pada luka yang tepat tidak sembuh meskipun telah diobati dalam jangka waktu lama, biasanya berlangsung selama empat minggu atau lebih. Luka ini ditandai dengan peradangan yang disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor intrinsik & ekstrinsik seperti nutrisi yang buruk, obat-obatan atau masalah kesehatan yang mendasarinya. Pada luka kronis untuk memperoleh perawatan luka dengan hasil optimal umumnya membutuhkan peran tenaga medis.

Prosedur perawatan luka

Luka ringan dapat dirawat di rumah. Pertama, bersihkan lalu desinfeksi luka. Berikan tekanan untuk mengontrol pendarahan dan pembengkakan.

Saat melakukan perawatan luka, wajib untuk memastikan balutan perban steril. Meskipun luka kecil mungkin tidak memerlukan perban, selalu disarankan untuk berhati-hati dan membalutnya. Selain itu, diperlukan sebagai usaha menjaga kebersihan di sekitar area luka setidaknya selama lima hari untuk mempercepat penyembuhan. Terakhir, sangat sarankan memiliki waktu istirahat cukup. Agar tubuh Anda dapat fokus pada proses penyembuhan.

Baiklah! Selanjutnya Silahkan ikuti petunjuk perawatan luka dibawah ini:

    Berikan tekanan pada area cedera supaya pendarahan berhenti. Cuci tangan lalu pakailah perban atau kasa bersih dan tekan dengan perlahan dan sedikit kuat sampai bebera saat pada luka. Penekanan pada luka akan membantu mempercepat menghentikan perdarahan. selain itu mencuci tangan dapat mencegah infeksi.
    • Bersihkan luka. Flush luka mengunakan air bersih untuk menyingkirkan debu dan benda-benda kecil lainnya. Bersihkan permukaan di area sekitar luka dengan sabun dan kasa bersih "bila memiliki natrium clorida 0.9% gunakanlah itu. Kemudian Pakai kasa tersebut untuk mengeringkan luka dan area sekitar dengan metode "tepukan lembut".
    • Cegah infeksi dengan antibiotik topikal. Begitu pendarahan terhenti berikan krim antibiotik untuk menjaga luka dari risiko infeksi.
    • Tutup luka dengan perban. Hal ini bertujuan untuk menghalangi bakteri dan debu masuk ke dalam luka. Apabila lokasi luka tidak terlalu besar, Anda dapat menutupnya dengan perban plester. Bila lukanya cukup luas atau terletak di area sendi, gulung perban di sekeliling luka agar tidak terlepas.
    • Awasi luka untuk mengetahui bahwa tidak ada infeksi yang terjadi. Bila terlihat tanda infeksi, segeralah ke unit gawat darurat dan meminta bantuan tim medis dalam perawatan luka anada. 
    Berikut adalah tanda-tanda infeksi yang harus diwaspadai

    • Meningkatnya rasa sakit
    • Hangat
    • Pembengkakan
    • Warna merah
    • Nanah yang mengalir dari luka
    • Demam

    Selain itu, jika Anda memiliki luka dengan kondisi menganga, menunjukkan lemak, otot yang terlihat, segera dapatkan pertolongan medis karena jahitan serta perawatan luka lebih inten mungkin diperlukan segera.

    Penting untuk mencari pertolongan medis 

    untuk perawatan luka jika Anda mengalami gejala-gejala berikut ini, karena hal tersebut dapat mengindikasikan kondisi lebih serius:

    • Luka terbuka lebih dalam dari 1,5 cm

    • Pendarahan tidak berhenti bahkan dengan tekanan langsung.

    • Pendarahan berlangsung lebih dari 20 menit.

    • Perdarahan adalah akibat dari kecelakaan serius.

    Referensi :
    https://id.wikihow.com/Merawat-Luka
    https://www.webmd.com/first-aid/ss/slideshow-caring-for-wounds
    Pediatric Emergency Medicine, Second edition,ALISA MCQUEEN, S. MARGARET PAIK. The University of Chicago, Medicine, Comer Children’s Hospital, Chicago, Illinois, USA 2019
    Next Post Previous Post
    No Comment
    Add Comment
    comment url